Senin, 27 April 2015

Rumah Darmo - Rumah Terangker di Surabaya


Dengan perkembangan jaman seperti saat ini yang sudah semakin modern, memang sudah mulai banyak kalangan yang seolah tidak percaya dengan semua hal yang berbagu mistis. Namun kehidupan kita sebagai manusia yang diciptakan hidup berdampingan pun tidak dapat terpisahkan dengan alam yang berbeda. Bahkan dalam berbagai ilmu Agama sudah cukup dijelaskan jika kita hidup berdampingan dengan dua alam yang berbeda. Hal itu tentu menjadi alasan yang cukup kuat kenapa banyak kisah mistis ada disekitar kita. Salah satu contohnya adalah kisah rumah hantu Darmo Surabaya.

Kisah Angker

Jika sebelumnya kami telah memaparkan beberapa kisah mistis mengenai fenomena gaib yang sering terjadi di Universitas Airlangga Surabaya, kali ini kita akan sedikit bergeser ke sebuah rumah tak berpenghuni yang terletak di jalan Permai II No. 26, Sukomanunggal, Surabaya. Bagi masyarakat Kota Pahlawan, Surabaya tentu sudah cukup akrab dengan beberapa tempat mistis seperti kisah menyeramkan di rumah hantu yang dikenal dengan nama rumah hantu Darmo. Rumah yang sudah tidak berwujud seperti rumah pada umumnya karena kondisi bangunan yang sudah tidak utuh menjadi salah satu urban legend yang paling terkenal di Kota Pahlawan, bagi masyarakat setempat rumah hantu tersebut sering disebut dengan istilah RHD. Sebenarnya ada beberapa versi kisah yang menggambarkan keangkeran rumah tersebut. Namun satu kisah yang paling terkenal adalah kisah pesiguhan yang dilakukan oleh penghuni rumah terdahulu, yang menjadi cikal bakal munculnya banyak fenomena mistis.

Perjanjian dengan Jin

Kisah horor yang paling melegenda di rumah hantu ini adalah kisah perjanjian yang dilakukan oleh penghuni rumah dengan jin yang lebih dikenal dengan istilah psugihan. Konon di kisahkan, penghuni rumah terdahulu melakukan pesugihan dengan jin agar kehidupan mereka terus diberi kekayaan. Namun sebagai gantinya kelompok jin meminta nyawa manusia atau di sebut dengan istilah tumbal. Awalnya keluarga ini menyanggupi, tapi entah kenapa mereka mulai berhenti memberikan tumbal yaitu nyawa manusia. Entah karena merasa bersalah atau tidak, keluarga ini pun pergi meninggalkan rumah. Namun sampai saat ini keluarga tersebut hilang seperti ditelan bumi (mungkin mereka berhasil keluar dari pesugihan). Dari beberapa kisah, disebutkan jika keluarga tersebut tewas setelah mengalami insiden kecelakaan kapal laut. Namun insiden tersebut tidak bisa dibuktikan, bahkan kapal yang mereka tumpangi hingga saat ini tidak dapat ditemukan. Setelah kebur entah kemana tinggallah dua orang pekerja di rumah Darmo, namun tak lama setelah majikannya dikabarkan tewas, konon kisahnya kedua pekerja tersebut juga ditemukan tewas dibunuh. Sampai saat ini insiden pembunuhan dua pekerja di rumah tersebut tidak terungkap, tapi menurut kisah masyarakat sekitar kedua pekerja yang masih-masing berprofesi sebagai pembantu dan juga perawat bayi tewas oleh ulah jin yang menjadikan mereka sebagai pengganti tumbal. Sejak saat itu kisah horor rumah Darmo pun menyebar luas.

Penampakan Hantu Wanita

Sejak insiden kebakaran dan juga misteri tewasnya dua pekerja rumah, rumah ini mulai diselimuti banyak kisah angker. Salah satu kisahnya adalah munculnya sosok penampakan hantu wanita disekitar area bangunan dan juga beberapa sudut jalan. Kisah tersebut diperkuat dengan pengakuan salah seorang warga sekitar yang mengatakan dirinya pernah melihat langsung sosok hantu wanita tersebut. Menurutnya saat ia masih berprofesi sebagai loper Koran, pada jam tertentu ia sering melihat satu sosok hantu wanita berpakaian putih yang sudah kusam, berambut panjang dan dengan wajah yang datar (bukan tante kunti) yang berdiri tepat di depan rumah.

Dihuni Siluman Harimau

Selain dihuni oleh hantu-hantu popular tanah air seperti genderuwo dan kawan-kawan (pocong dan kuntilanak) bangunan ini juga konon dihuni oleh sosok siluman harimau. Konon menurut kisah siluman tersebutlah yang selama ini mendiami rumah tersebut dan sering mengeluarkan suara eraman khas harimau. Kisah tersebut kembali diperkuat oleh salah seorang warga sekitar, bahkan ia mengatakan jika dirinya pernah merasakan langsung kehadiran sosok siluman tersebut. Saat ini kisah rumah hantu Darmo sudah sangat terkenal di Surabaya. Bahkan rumah ini sering menjadi pilihan bagi para wisatawan dunia gaib yang mencari tantangan, bahkan kadang lokasi ini sering dijadikan ajang uji nyali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar